Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Kayu Bajakah beserta Manfaat dan Efeknya

Kayu bajakah atau bajakah tampala atau nama ilmiahnya Spatholobus littoralis hassk adalah salah satu nama tanaman yang berasal dari pedalaman Kalimantan Tengah yang telah lama digunakan oleh suku Dayak untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari kayu bajakah ini sehingga membuat tanaman ini belum ada yang membudidayakan.

Sumber gambar : instagram.com/dr.zaidulakbar.resep/

Ciri-ciri tanaman kayu bajakah ini yaitu tumbuh merambat di pohon kayu dengan ketinggian hingga 50 meter. Daun dari tanaman bajakah berbentuk tajam warna kuning, cokelat dan putih, sedangkan bunganya berwarna ungu, merah muda dan putih.

Tanaman kayu bajakah ini sempat viral beberapa waktu lalu karena sebuah penelitian tiga pelajar SMA asal Indonesia ketika mengikuti ajang perlombaan World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan, pada bulan Juli 2019 dan meraih medali emas.

Dalam penelitiannya, ketiga pelajar tersebut menemukan manfaat kayu bajakah yang dapat mengobati penyakit kanker pada tikus putih. Kayu bajakah ini diduga mengandung senyawa alami flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antikanker.

Manfaat Kayu Bajakah :

  1. Meningkatkan imunitas tubuh
  2. Mengurangi rasa pegal
  3. Mencegah obesitas
  4. Kaya akan antioksidan
  5. Menurunkan resiko kanker
  6. Mengatasi disentri
  7. Mencegah diabetes
  8. Mencegah penuaan dini
  9. Menangkal radikal bebas
  10. Mencegah infeksi bakteri 
  11. Mempercepat penyembuhan luka

Namun meskipun penelitian ini memberikan hasil yang positif, Kementerian Kesehatan RI meluruskan bahwa manfaat kayu bajakah sebagai obat kanker pada manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Cara Mengolah Kayu Bajakah :

  • Potong Kayu Bajakah menjadi ukuran kecil dan tipis
  • Kemudian jemur kayu bajakah yang sudah dipotong tersebut di bawah sinar matahari langsung dan pastikan kayu bajakah benar-benar kering 
  • Hancurkan kayu bajakah yang sudah dikeringkan hingga menjadi sangat halus, membentuk bubuk teh, bisa menggunakan tumbukan manual, atau gunakan blender
  • Jika sudah menjadi bubuk teh, lalu seduh dengan air panas untuk dikonsumsi
  • Gunakan takaran 1 gram bubuk teh kayu bajakah dengan seduhan 500 ml air panas
  • Lalu aduk hingga warna air seduhan menjadi cokelat bening.
  • Dan minum setidaknya satu gelas setiap hari.

Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah

Bagian terbaik dari kayu Bajakah yang dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah kayu akarnya. Namun bagian lain dari kayu  Bajakah ini juga dapat digunakan.

Untuk mendapatkan manfaat dari kayu bajakah, kita bisa mengonsumsi kayu bajakah dengan cara meminum air rebusannya atau membuat kayu bajakah menjadi bubuk teh yang bisa diseduh.

Berikut ini cara mengonsumsi air rebusan Kayu Bajakah :

  • Rebus air sebanyak 500ml dengan serpihan kayu bajakah
  • Rebus hingga warna nya merah kecoklatan
  • Jika sudah matang tunggu dingin untuk diminum
  • Minum setidaknya satu gelas setiap hari 

Cara lain Mengolah dan Memasak akar kayu bajakah :

  • Rebus air sebanyak 1 liter lalu di tambah 100 gram Kayu Bajakah selama 15 menit dan minum air rebusan tersebut 1 gelas dipagi hari. Hasil rebusan sebelumnya ditambah setengah liter air untuk direbus kembali yang ke 2 kali nya untuk sore hari.

Efek Meminum Air Rebusan Kayu Bajakah

Setiap orang yang meminum Air Rebusan Kayu Bajakah memiliki efek yang berbeda-beda, seperti :
  • Sering Buang air kecil.
  • Sakit Kepala setelah Meminum air rebusan Kayu Bajakah.
  • Gatal-gatal
  • Demam
Note : Pengalaman 2 teman saya yang menderita penyakit tertentu dan penyakitnya sembuh, itu ketika meminum Air Rebusan Kayu Bajakah, efek yang teman saya rasakan adalah Sering buang air kecil dan itu tak bisa ditahan.

Demikianlah menelusuri kami tentang Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Kayu Bajakah beserta Manfaat dan Efeknya, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Kayu Bajakah beserta Manfaat dan Efeknya"