Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara agar Anak Menjadi Cerdas sejak Bayi

Memiliki anak yang cerdas merupakan suatu cita-cita dan kebanggaan tersendiri bagi setiap sorang tua.

Namun, untuk mencapai keinginan agar anaknya menjadi cerdas itu tidak mudah, tergantung bagaimana orang tua memperlakukan dan mendidik anaknya itu sendiri. Selain itu orang tua juga harus selalu memberikan asupan nutrisi yang lengkap, selain membeikan asupan susu buat bayi, berikan juga asupan nutrisi lain seperti telur, ikan, daging, madu, buah-buahan dan sayur-sayuran, bisa dalam bentuk bubur atau lainnya.


6 Cara agar Anak Menjadi Cerdas sejak Bayi
Photo By instagram.com/lisa.fotios

Nah, disini kami akan berikan 6 cara yang telah kami telusuri agar anaknya dapat menjadi cerdas sejak bayi, berikut ini penjelasannya :


1. Untuk Usia 0-4 Bulan

Pada usia ini buatlah expresi lucu untuk anaknya, nyanyikan lagu-lagu anak yang sederhana, jangan ada mainan dulu dihadapan anak.

2. Untuk Usia 4-6 Bulan

Pada usia ini ajaklah bayi memeluk boneka, susun mainan seperti balok lalu biarkan bayi membongkar mainan tersebut, tunjukanlah bayi gambar-gambar yang cerah dan berwarna, ajaklah bayi mengenal benda-benda dengan tekstur dan bentuk yang berbeda-beda.

3. Untuk Usia 6-18 Bulan

Pada usia ini, perbanyaklah berinteraksi dengan anak, menunjukan benda atau orang yang sudah ia kenal secara berulang-ulang, nyanyikan lagu kepada anak dengan gerakan tangan dan juga ajak anak bermain Ci Luk Ba.

4. Untuk Usia 18-24 Bulan

Pada usia ini, ajaklah anak untuk bermain tebak-tebakan seperti tebak hewan yang berkaki empat, tebak warna pada bola dan juga bermain menebak nama-nama hewan, disini bisa mengajarkan dengan bernyayi juga.

5. Untuk Usia 24-36 Bulan

Pada usia ini, berilah sedikit pujian ketika kemampuan motorik anak meningkat, tapi jangan terlalu sering yaa, agar anak tidak merasa berpuas diri dan enggan melakukan hal-hal baru, lalu ajaklah berbicara dengan memberikan pertanyaan, dan juga ajaklah bernyanyi dengan gerakan tangan dan tubuh, agar anak faham maksud dari kata-kata itu sendiri.

6. Untuk Usia 3-5 Tahun

Ketika anak memasuki usia ini, doronglah anak untuk melakukan sesuatu yang nyata seperti menyapu, mengepel, membersihkan kamar dan lain-lain. Berikan selalu perhatian pada anak, dengarkan cerita dia dan jangan mudah bosan. 


Ketika anak ingin mencoba sesuatu yang baru, kurangilah untuk berkata tidak dan Ajak anak untuk berbicara atau sekedar berbicara tentang kegiatannya sehari-hari.


Demikianlah sedikit menelusuri kami tentang cara agar anak menjadi cerdas sejak usia dini. Semoga informasi ini dapat membantu para orang tua. 

Post a Comment for "6 Cara agar Anak Menjadi Cerdas sejak Bayi"