Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Apa Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow beserta Contohnya ?

Sebelum kepembahasan tentang Dofollow dan Nofollow, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu Backlink. Backlink adalah sebuah link yang diberikan dari situs lain (inbound link) untuk mendukung situs kita atau memberikan sebuah link ke situs lain (outbound link) dengan anchor text tertentu.

Maksud dari backlink itu sendiri adalah digunakan untuk mengarahkan pembaca dari situs a ke situs b, jika situs a memberi backlink ke situs b. Ini difungsikan untuk memberikan tanda kepada robot google bahwa situs b memiliki kualitas yang baik karena dijadikan sumber oleh website a.

Nah dalam hal backlink sendiri itu terbagi menjadi 2 atribusi yang bisa digunakan yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow yang memiliki fungsi berbeda jika mengacu pada SEO.

Apa Itu Backlink Dofollow ?

Backlink Dofollow berasal dari kata 'do' dan 'follow' yang artinya 'mengikuti'. Jika terdapat sebuah link pada postingan artikel situs A yang menuju ke situs B, maka situs A yang memberikan Backlink Dofollow kepada situs B akan secara langsung mengikuti tautan link tersebut sampai ke akar-akarnya.

Maksudnya adalah ketika Robot google melakukan crawl (perayapan) pada postingan artikel situs A yang di tanam Backlink Dofollow untuk situs B. Maka, secara otomatis akan melakukan crawl juga pada link tersebut (yang mengarahkan ke situs B). Jadi dengan Backlink dofollow ini, Google akan secara otomatis mengikuti setiap link yang disematkan di sebuah artikel, walaupun link itu menuju ke situs B, sehingga membuat kredibilitas situs B semakin dipercaya oleh google dan bisa mendongkrak posisi situs B agar berada pada page 1 di hasil pencarian google.

Biasanya Backlink dofollow disematkan didalam kata kunci yang ditargetkan pada sebuah artikel sehingga dapat menguatkan nilai SEO dari konten tersebut.

Apa itu Backlink Nofollow?

Backlink Nofollow berasal dari kata 'no' dan 'follow' yang artinya 'tidak mengikuti'. Jadi ketika postingan artikel situs A terdapat backlink Nofollow situs B, maka pada saat artikel tersebut di crawl, backlink nofollow tidak akan di index sama sekali pada search engine dan robot google.

Backlink Nofollow ini biasanya digunakan untuk menyeimbangkan Backlink Dofollow yang bertugas memberikan sinyal kepada Google dan mesin pencari lain untuk mengabaikan link tersebut tapi memberikan kekuatan kata kuncinya.

Biasanya Backlink Nofollow digunakan untuk sumber link yang memiliki kualitas kurang baik seperti domain dengan rate yang lebih rendah dari situs yang menerima backlink atau link spam. Karena jika terlalu banyak Backlink Dofollow di sebuah situs, takutnya google menganggapnya sebagai spam sehingga membuat situs pemberi backlink tidak mampu bersaing di mesin pencarian.

Contoh Backlink Dofollow ?

Tampilan HTML dibalik artikel diatas yang memiliki Backlink Dofollow.

<p>Nah, bagi kalian yang lupa membawa kamera atau tidak memiliki kamera, kalian tidak perlu khawatir karena menelusuri akan merekomendasikan tempat <a href="https://sewakameralensabali.com/" target="_blank">sewa kamera Bali</a>

Contoh Backlink Nofollow ?

Nah jika ingin membuat Backlink Nofollow, maka pada tampilan HTML pada artikel yang telah dibuat, ditambahkan kode HTML yaitu (rel="nofollow")  

<p>Nah, bagi kalian yang lupa membawa kamera atau tidak memiliki kamera, kalian tidak perlu khawatir karena menelusuri akan merekomendasikan tempat <a href="https://sewakameralensabali.com/" rel="nofollow" target="_blank">sewa kamera Bali</a>


Demikianlah menelusuri kami tentang Perbedaan Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow beserta contohnya, semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Pahami Apa Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow beserta Contohnya ?"