Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi 5 Tempat Terbaik untuk Melihat Sunrise di Bantul, Jogja 2022

Menelusuri.com - Siapa sih yang enggak kepengen menikmati sunrise di Jogja, apalagi dengan lautan kabut, seakan-akan kita berada di atas awan ? karena ketika matahari terbit itu merupakan fenomena alam yang menakjubkan, namun untuk melihat sunrise sebenarnya bisa dimana saja, tapi klo dari atas gunung tentu jadi luar biasa.

Nah untuk melihat sunrise di Jogja, tentu kamu harus datang dari subuh yaa,  sebelum matahari muncul dari timur yaa (klo dari barat itu kiamat), agar tidak ketinggalan momennya.

Manfaat Melihat Sunrise

Ternyata melihat sunrise juga ada manfaatnya loh, selain kemegahan dan keindahan dari matahari itu sendiri, pancaran cahaya matahari saat melihat sunrise itu dapat mendamaikan hati kita, tentu itu akan membuat kita selalu merasa bersyukur dong.

Selain itu, sinar matahari saat kita melihat sunrise itu merupakan sumber vitamin D alami loh dan juga sinar matahari baik untuk sistem syaraf yang dapat mengurangi kecemasan.

Oke, tak perlu berlama-lama, kita langsung saja ke pembahasannya yaitu Rekomendasi 5 tempat terbaik untuk melihat sunrise di sekitaran bantul yaa , berikut ini nama tempat, lokasi dan tiket masuk nya yang sudah dirangkum oleh menelusuri.com :

1. Puncak Kebun Buah Mangunan


  • Tiket masuk Kebun Buah Mangunan yaitu Rp.5000,- dihari kerja, dihari libur atau weekend yaitu Rp.6000,- per orang.
  • Jam Operasional Puncak Kebun Buah Mangunan : Buka Setiap hari, Jam 05.30-10.00 WIB.
  • Terdapat juga warung-warung yang bisa kamu kunjungi di puncak ketika kamu lapar dan haus.

Begitu kamu masuk ke kawasan wisata, kamu akan langsung diarahkan untuk parkir di puncak, namun kamu jangan khawatir tersesat karena ada petunjuk arah menuju ke puncak.

Ketika kamu sampai puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bentangan alam yang sangat indah dan sungai Oya yang melewati puncak Kebun Buah Mangunan. Jika kamu beruntung, kamu melihat sunrise kamu akan disuguhkan juga pemandangan kabut yang berada di bawah puncak seperti negeri diatas awan.

2. Bukit Panguk Kediwung


  • Tiket masuk Bukit Panguk Kediwung yaitu Rp.11.000,- per orang.
  • Jam operasional Bukit Panguk Kediwung : Buka setiap hari mulai Jam 05.00-18.00 WIB.
  • Fasilitas di Bukit Panguk Kediwung diantaranya : Mushola, Warung-warung makanan dan minuman, Toilet umum, Gazebo, dan Spot foto.

Seperti di Kebun Buah Mangunan, Hamparan bukit-bukit yang berwarna hijau serta sungai Oya yang mengalir diantara perbukitan yang ada dan jika kamu beruntung maka akan disuguhkan pemandangan kabut seperti negeri diatas awan.

3. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro berada di Mangunan, Kec.Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Tiket masuk Jurang Tembelan Kanigoro yaitu Rp.2.500,- per orang.
  • Jam operasional Jurang Tembelan Kanigoro : Buka setiap hari mulai jam 05.00-18.00 WIB
  • Fasilitas di Jurang Tembelan Kanigoro diantaranya : Kamar Mandi, Warung, Mushola, Gazebo, Spot Foto, Camping Ground.

Sesuai dengan namanya, Jalan menuju tempat ini cukup terjal namun semua akan terbayarkan jika kamu sudah mencapai puncak Jurang Tembelan Kanigoro karena ditempat ini memiliki banyak spot foto.

4. Watu Mabur Holiday Centre and Camping


  • Tiket masuk Watu Mabur yaitu Rp.3.000,- per orang.
  • Jam operasional Watu Mabur yaitu 24 Jam.

Watu Mabur Holiday Centre and Camping lebih dikenal dengan nama Watu Mabur Camp, Selain dapat menikmati melihat sunrise dan kabut seperti diatas awan, di ditempat ini memiliki banyak spot foto.

Sesuai namanya, di Watu Mabur Camp kamu bisa berkemah dengan tarif Rp.15.000,- per orang jika membawa tenda sendiri dan jika ingin menyewa tenda, tarifnya yaitu Rp.50.000,- per orang. 

Di Watu Mabur Camp juga kamu bisa berkemah dengan menyewa glamping, nah untuk biaya yaitu Rp.350.000,- per unitnya untuk empat orang. Kamu bisa reservasi dahulu sebelum menyewa, karena biasanya sudah ada yang boking.

5. Hutan Pinus Mangunan Dlingo


Hutan Pinus Mangunan Dlingo berada di Sukorame, Mangunan, Kec.Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Tiket masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo yaitu Rp.5.000,- per orang.
  • Jam operasional Hutan Pinus Mangunan Dlingo : Buka setiap hari mulai jam 06.00-18.00 WIB
  • Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan Dlingo diantaranya : kamar mandi, Mushola, Warung makanan dan minuman.

Hutan Pinus Mangunan Dlingo merupakan salah satu rekomendasi spot foto wisata alam karena disini memiliki banyak sekali spot foto, dihutan ini juga ada semacam jalan panggung mini kayu sebagai area lintasan pengunjung. Dan yang pastinya disini kamu juga bisa melihat sunrise yaa.

Jalan menuju hutan pinus ini memang agak sedikit menyeramkan bagi sebagian orang, karena jalannya menanjak dan berkelok-kelok, tapi worth it untuk view yang didapatkan.


Nah demikianlah menelusuri kami tentang Rekomendasi 5 tempat terbaik untuk melihat sunrise di daerah bantul, Yogyakarta.

Harga tiket dan Jam operasional yang tertera diatas, semuanya bisa berubah-berubah setiap waktu sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata tersebut.

Post a Comment for "Rekomendasi 5 Tempat Terbaik untuk Melihat Sunrise di Bantul, Jogja 2022"