Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dari Penyanyi Kedai Kopi Hingga Penyanyi Dunia, Perjalan Karir Penyanyi Legendaris Olivia Newton-John Selama Hidupnya

Olivia pertama kali membentuk sebuah band yaitu bernama Sol Four dengan beberapa teman sekolahnya, lalu kemudian ia bernyanyi di kedai kopi saudaranya di Australia.


Singkat cerita, saat ia remaja, ia muncul di beberapa acara TV Australia seperti "The Go Show", lalu ia membintangi film "Funny Things Happen Down Under".

Ketika sebuah kontes bakat yang diselenggarakan oleh Johnny O'Keefe Australia, Johnny O'Keefe menawarkan Olivia hadiah perjalanan ke Inggris, dan dia mengambil ini pada tahun 1965.

Lalu ia pergi ke Inggris dan membuat rekaman untuk pertama kalinya  dengan Decca Records. Singlenya yaitu "Till You Say You'll Be Mine/For Ever" , ketika itu sangat langka untuk mendapatkannya meskipun kedua lagu ini tersedia ketika tahun 1994 di CD kompilasi Inggris Pop Inside the 60's .

Awal tahun 70 an merupakan saat-saat yang produktif bagi Olivia, ketika itu Cliff Richard dan Shadows membawa musiknya ke khalayak luas. Cliff Richard yang memiliki acara TV reguler dan Olivia sebagai tamu tetapnya, lalu Olivia merilis albumnya yaitu Olivia Newton-John (1971), dan Olivia (1972) serta Music Makes My Day (1973).

Single hit pertama Olivia di aransemen oleh Bruce Welch, sebuah cover lagu dari "If Not For You" milik Bob Dylan. Single ini merupakan rasa kesuksesan pertama Olivia di Amerika.

Olivia juga mencapai titik balik dalam karirnya dengan merilis "Let Me Be There" yang saat itu berada di peringkat 6 di Amerika.

America juga memberi isyarat kepada Olivia lalu Olivia meninggalkan Inggris pada tahun 1975 untuk album berikutnya " Have You Never Been Mellow ". Lalu lagu utamanya berada di urutan 1 dan single berikutnya dari album "Please Mr Please" mencapai urutan ke 3.

Pada tahun 1981 Olivia merilis album Fisik dengan penjualan jutaan ini menempati posisi 1 di tangga lagu AS selama berminggu-minggu lalu menempati urutan kedua terlama di posisi teratas.

pada tahun 1988, Olivia mengeluarkan " The Rumour ", dengan judul lagu yang ditulis oleh Elton John. Tahun 1988 juga merupakan tahun Bicentennial Australia, dan Olivia membuat videogram berjudul "Down Under" for the Rumour, di mana dia membawakan lagu-lagunya di beberapa latar Australia yang menakjubkan. Dari album ini menampilkan lagu "It's Always Australia For Me" yang tidak ada dalam versi internasional.

Pada Tahun 1989, Olivia merilis album "Warm And Tender", Album ini merupakan lagu anak-anak dan lagu pengantar tidur yang dimaksudkan untuk Chloe (anaknya). Ini merupakan pemanjaan musik nyata pertama Olivia, yang dirilis pada label Geffen setelah MCA menolak untuk menjalankannya.

Pada Juli 1997, MCA-Nashville mengontrak Olivia untuk membuat album pop country, dan dia merekam duet dengan Raybon Bros "Falling" di album eponymous mereka.

Pada Mei 1998, Olivia merilis album "Back With a Heart", yang merupakan campuran pop dan country yang luar biasa.

Lalu Olivia melangsungkan Tur ke barbagai negara, diawali tur di daerah Australia lalu ke Amerika pada tahun 1999, ketika itu pada Malam Tahun Baru 98/99 dengan tur mini Olivia memanjakan penonton dengan serangkaian hits terbesarnya, diikuti oleh tur yang jauh lebih besar di Amerika Serikat pada musim panas.


Ketika Musim Gugur 2000 di Upacara Pembukaan Olimpiade Sydney, Olivia bernyanyi dan tampil duet dengan superstar Australia John Farnham. Ia juga tampil live di Carols By Candlelight Australia pada Malam Natal.

Pada tahun 2002, Olivia melakukan tur kembali ke Amerika bersama Symphony Orchestra untuk memberikan suara yang lebih kaya pada balada-baladanya.

Lalu pada tahun 2002 juga, Olivia merilis album duet pertamanya yang berjudul "2" di Australia. Olivia menerima Penghargaan ARIA atas kontribusinya pada musik Australia.

Pada pada tahun 2003 Olivia melakukan tur keliling dunia - termasuk Amerika Serikat, Jepang dan Australia dan berlanjut pada tahun 2004 di bulan Februari dan Musim Gugur.

Pada pada tahun 2004 Olivia merilis CD Indigo yang merupakan sebuah penghargaan untuk penyanyi wanita yang telah mempengaruhi Olivia di awal karirnya.

Olivia juga melakukan tur ke Amerika Serikat sepanjang tahun 2004 dan 2005, serta ke Australia dan Jepang pada tahun 2006 lalu.

Lalu setelah itu Pada tahun 2010 Olivia bergabung dengan pemeran Glee, mengenakan pakaian olahraga untuk bergabung dengan penjahat lucu Glee Sue Sylvester (Jane Lynch) dalam pembuatan ulang lagu hitnya yaitu Physical.

Pada tahun 2014, Olivia memulai residensi Las Vegas selama tiga tahun di Flamingo yang berjudul "Summer Nights", juga menghasilkan double CD Summer Nights live yang luar biasa.


Pada tahun 2015, Olivia merilis "Have To Believe" sebuah remix dansa dari hit Olivia Magic dari Xanadu ketika Olivia bergabung dengannya kala itu. 

Pada tahun 2017, Olivia terserang penyakit kanker payudara untuk yang kedua kalinya.

Terlepas dari kesehatannya yang semakin menurun, perhargaan silih berganti mendatangi Olivia, pada tahun 2018 ia menerima Honorary Doctorate of Letters dari La Trobe University di Melbourne. Pada tahun 2019 ia menerima Companion (AC) of the Order of Australia (Divisi Umum), ini adalah penghargaan tertinggi Australia. 

Pada akhir tahun 2019 dia diangkat menjadi Dame Commander of the Order of the British Empire oleh Yang Mulia Ratu, menjadi Dame Olivia Newton-John. Penghargaan ini sebagai pengakuan atas kontribusinya pada musik, penelitian kanker, dan amal.


Pada tahun 2019 juga, Olivia menyelenggarakan lelang beberapa pakaian dan memorabilianya untuk membantu Pusat Kanker dan Kesehatannya. Jaket kulitnya yang terkenal dari adegan terakhir Grease dilelang dengan harga $ 405.000, dalam kejutan yang luar biasa pembeli misterius jaket itu mengembalikannya ke Olivia. Oleh karena itu, Olivia harus menyimpan jaket tersebut, mungkin di masa depan akan dipajang di Cancer and Wellness Centre-nya.

Pada tahun 2020 Olivia dan suaminya John mendirikan Yayasan Olivia Newton-John dan berkomitmen untuk mewujudkan dunia di luar kanker. Mendanai penelitian obat herbal dan terapi holistik dan kesehatan lainnya, kami bertekad untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mencegah, mengobati dan menyembuhkan semua kanker. Ini merupakan tambahan dari upayanya yang berkelanjutan untuk mengumpulkan dana untuk Pusat Kesehatan Kankernya di Melbourne.

Post a Comment for "Dari Penyanyi Kedai Kopi Hingga Penyanyi Dunia, Perjalan Karir Penyanyi Legendaris Olivia Newton-John Selama Hidupnya"