Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang

Stadion Gelora Sriwijaya merupakan salah satu stadion atau yang terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta) dan Stadion Utama Palaran (Stadion Utama Kalimantan Timur).


Stadion Gelora Sriwijaya lebih dikenal dengan sebutan Stadion Jakabaring karena awalnya bernama stadion Jakabaring namun kemudian stadion itu berganti nama menjadi "Gelora Sriwijaya", untuk menghormati dan merayakan kerajaan Indonesia abad ke-7—13 Sriwijaya.

Stadion Gelora Sriwijaya berada di Jl. Gubernur H. A Bastari, 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 

Selain sebagai tempat ajang Sepak Bola, Stadion inin menjadi tempat favorit buat olahraga bersama keluarga seperti Joging, bersepeda dan lain-lain, Bahkan ada juga yang sekedar duduk-duduk atau mengabadikan momen di stadion ini.

Menurut sejarahnya, Stadion ini mulai melakukan pembangunannya pada tanggal 1 Januari 2001 dan selesai pada tahun 2004 yang pada saat itu ditujukan untuk menyelenggarakan PON XVI ketika Kota Palembang ditunjuk sebagai penyelenggara pada tanggal 2 September 2004. 

Stadion ini memiliki luas lahan sekitar 40 hektare dan dapat menampung hingga 38.000 - 45.000 orang dengan 4 tribun yaitu A, B, C dan D secara bertingkat mengelilingi lapangan. Untuk tribun utama di sisi barat dan timur yaitu A dan B yang dilindungi atap menopang 2 pelengkung baja berukuran raksasa. Bentuk atap stadion merupakan simbol kejayaan kemaharajaan Sriwijaya masa lalu.

Post a Comment for "Tentang Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang"