Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapa yang Menciptakan Mobil Pertama Kali di Dunia !!! Berikut Sejarahnya ...

Menelusuri.com - Mobil ditemukan pertama kali di dunia oleh seorang yang berasal dari negara Perancis pada tahun 1879 yaitu Nicolas Joseph Cugnot.

Sumber Gambar : Wikipedia

Hingga saat ini, mobil telah berkembang sangat pesat, dari mobil yang berbahan bakar bensin, berbahan bakar tenaga listrik, menggunakan tenaga panas dan cahaya matahari atau tenaga surya.

Dalam hal bentuk juga, mobil telah memiliki berbagai model dan variasi interior yang sangat mewah dan elegan. Dalam hal perangkat pun telah canggih dengan setelan komputerisasi.

Dalam hal harga pun, tak heran jika harga mobil saat ini harganya mencapai ratusan miliar rupiah.

Mobil pertama kali ditemukan adalah mobil dengan tenaga uap pada tahun 1801 yang dikembangkan oleh Cugnot. Inspirasi pengembangannya pun pertama kali dilakukan oleh Cugnot adalah dari sebuh kereta kuda yang dilengkapi dengan ban.

Selanjutnya, oleh seorang warga Britania yang bernama Richard Trevithick, melakukan perkembangan pada mobil dengan tenaga uap ini lalu diteruskan lagi di Brimingham, Inggris oleh Lunar Society.

Namun, pada tahun 1886, seorang warga Jerman melakukan pengembangan mobil dengan penemuannya yaitu mobil berbahan bakar bensin sehingga inilah pertama kalinya ditemukannya mobil dengan bahan bakar bensin oleh Carl Benz. 

Di waktu yang bersamaan sebenarnya mobil dengan bahan bakar bensin juga dikembangkan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart. Namun pada tahun 1879, Carl Benz berhasil menyelesaikan penemuannya dan menjadi sejarah ditemukannya mobil di dunia dengan bahan bakar bensin ini dan dipatenkannya.

Sebelumnya, mobil pertama kali di temukan dengan model mesin yang spektakuler yang menjadi terobosan bagi Berta Benz pada tahun 1888. Seiring berjalannya waktu, sebuah penemuan baru datang lagi yaitu mobil dengan model mesin dua stroke yang akhirnya dipatenkan oleh George B. Selden pada tahun 1895.

Sumber Gambar : Wikipedia

Dalam jangka waktu beberapa tahun, akhirnya beberapa model dan tipe mobil yaitu dengan tenaga uap, listrik dan bensin ini pun pada tahun tersebut mengalami persaingan dengan diproduksinya mobil dengan skala besar dan harga terjangkau pada jaman tersebut sehingga pada tahun 1902 oleh Olds, mobil menjadi berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1910 lebih dikembangkan lagi besar-besaran oleh Henry Ford.

Post a Comment for "Siapa yang Menciptakan Mobil Pertama Kali di Dunia !!! Berikut Sejarahnya ..."