Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menelusuri Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Jakabaring Palembang

Menelusuri.com - Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo yang berada di jakabaring, Palembang ini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Cheng Hoo dan Masjid Sriwijaya. Masjid ini merupakan Masjid yang bernuansa Muslim Tionghoa yang dipadukan dengan budaya melayu.


Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo terletak di 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di kompleks Jakabaring yang merupakan areal pemukiman penduduk yang bersebrangan dengan Stadion Gelora Sriwijaya atau berjarak sekitar 1 km dari stasiun LRT Jakabaring.

Masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan, serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang. Pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama pada tahun 2003. 

Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini menyediakan tempat pendidikan Al-Quran secara gratis untuk anak-anak, serta menjadi pusat pembinaan mualaf yang ada di Kota Palembang dan menjadi saksi ratusan warga tionghoa yang menjadi mualaf.

Masjid ini juga dijadikan tempat tujuan wisata karena desainnya yang amat apik dan menarik dengan ornament ornament dari negeri Tionghoa yang memadukan unsur-unsur budaya lokal Palembang dengan nuansa Cina dan Arab.

Didominasi warna merah dan dipadukan dengan hijau giok, Masjid ini dibangun di atas tanah 5.000 meter persegi dan mampu menampung jamaah sekitar 600 orang dan berlantai 2 serta memiliki Menara di kedua sisi masjid meniru klenteng-klenteng di Cina, yang dicat warna merah.

Masjid ini mulai digunakan pada Agustus 2008. Untuk pemisahan jamaah laki-laki dan perempuan di dalam masjid, untuk Laki-laki salat di lantai pertama, sedangkan untuk perempuan di lantai kedua. 

Di lingkungan masjid ini juga terdapat sebuah rumah kecil untuk imam dimasjid tersebut, sebuah kantor, sebuah perpustakaan, dan sebuah ruang serbaguna.

Demikianlah menelusuri kami tentang Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Jakabaring Palembang, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Menelusuri Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Jakabaring Palembang"