Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menelusuri Masjid At-Taufiq Jakarta Selatan

Masjid At-Taufiq terletak di Jalan Lenteng agung, Jakarta Selatan. Masjid At-Taufiq diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Rabu, 8 Juni 2022.


Masjid At-Taufiq Jakarta Selatan

Masjid ini dibangun atas pemikiran ibu Megawati Soekarno Putri selaku Ketua umum partai PDI Perjuangan untuk sarana ibadah 5 waktu bagi kader-kadernya yang beragama Islam dan juga bagi masyarakat sekitar kantor PDI Perjuangan.


Selanjutnya, Puan Maharani yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI dan seorang putri dari Megawati Soekarni Putri mengambil inisiatif dan memprakarsai pembangunan Masjid At-Taufiq ini.


Masjid At-Taufiq terinspirasi dari nama almarhum suami Megawati, yaitu Taufiq Kiemas. Jadi masjid ini dimaksudkan untuk mengenang jasa dan perjuangan suami Ibu Megawati. Masjid ini juga diniatkan untuk mendoakan almarhum sang suami agar amal ibadah dan perbuatannya diterima oleh Allah SWT.


Selain sebagai tempat ibadah, Masjid At-Taufiq juga bisa digunakan sebagai tempat kegiatan sosial untuk membumikan Pancasila melalui penguatan mental dan spiritual bangsa. Ibu Megawati juga berharap agar masjid ini bisa dijadikan tempat untuk menggali pemikiran tokoh-tokoh islam dari zaman Nabi Muhammad SAW hingga zaman Wali Songo serta dari sisi Bung Karno tentang Islam.


Arsitektur Masjid At-Taufiq didesign oleh Ibu Megawati yang didiskusikan dengan mantan ketua PBNU KH Said aqil Siroj, sehingga jadilah design Masjid ini yang sangat menonjolkan tradisional bangsa Indonesia, bukan menonjolkan masjid-masjid ditimur tengah. Itulah salah satu alasan yang membuat masjid ini sangat artistik dan indah. 


Atap Masjid ini seperti rumah Gadang, rumah adat asal Sumatera barat dengan dipadukan tulisan-tulisan yang islami. Design Masjid ini juga sejalan dengan Bung Karno tentang prinsip Trisakti yaitu kepribadian dalam kebudayaan.


Berkat Ketulusan dan kecintaan Keluarga almarhum Taufiq Kiemas, Semoga Masjid At-Taufiq bisa menjadi ladang amal jariyah untuk almarhum Taufiq Kiemas.


Demikianlah penelusuran kami tentang Masjid At-Taufiq, semoga bermanfaat.


Sumber : news.detik.com,lampung.suara.com,kompas.tv

Post a Comment for "Menelusuri Masjid At-Taufiq Jakarta Selatan"