Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menelusuri Cara Mengatasi Ruam Kulit akibat Popok

Menelusuri.com - Ruam Kulit merupakan bintik kemerahan yang terjadi pada kulit bayi yang membuat kulit bayi terasa gatal. Bayi pada usia 6-12 Bulan lebih sering terkena Ruam Kulit.

Cara Mengatasi Ruam Kulit akibat Popok

Umumnya Ruam kulit pada bayi adalah kondisi yang normal dan bisa hilang atau sembuh dengan sendirinya, namun ada juga yang harus disembuhkan dengan perawatan dirumah.

Berikut ini penyebab terjadinya Ruam Kulit pada bayi akibat popok :

  • Terlalu lama membiarkan popok penuh pada bayi
  • Alergi bahan popok bayi (tidak cocok)
  • Infeksi bakteri

Beberapa dari orang tua menemukan perubahan yang signifikan ketika mengganti jenis popok pada bayi. Misalnya, ganti dengan popok yang berbahan kain atau mencoba merek lainnya.

Ruam kulit ini membuat bayi menjadi tidak nyaman, lalu rewel dan menangis. namun orang tua jangan cepat panik, cobalah untuk mengatasi ruam kulit akibat popok dengan cara berikut ini :

1. Seringlah periksa keadaan popok bayi, jika dirasa sudah penuh dan kuning maka bergegaslah mengganti popok bayi tersebut.

2. Bersihkan area Ruam kulit terlebih dahulu sebelum mengganti popok atau memakaikan popok bayi dan pastikan area ruam benar-benar kering dan bersih.

3. Bersihkan area ruam dengan lembut dan gunakan pembersih yang kering seperti tisu kering atau waslap.

Jika kondisi ruam kulit sudah terlalu parah, cobalah menggunakan bedak atau krim dan salep, lalu usaplah secara merata pada area ruam sebelum menggunakan popok kembali.

Cobalah agar membiarkan bayi bebas dari popok terlebih dahulu agar dapat meningkatkan sirkulasi udara di area ruam akibat popok.

Jika ingin menggunakan krim atau salep, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan langganan anda. 

Jika Ruam pada kulit menunjukan tanda-tanda ruam merah bengkak dengan sisik dan lesi putih atau seperti jerawat merah kecil di luar area popok, serta kemerahan di lipatan kulit bayi. maka cobalah konsultasikan ke dokter atau bidan terdekat agar cepat ditangani .

Post a Comment for "Menelusuri Cara Mengatasi Ruam Kulit akibat Popok"