Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menelusuri Cara Membuat dan Setting Custom Subdomain di Blogger Terbaru

Sebelum ke pembahasan, perlu dimengerti dulu apa itu subdomain dan apa fungsi darisubdomain ?

Subdomainadalah bagian atau turunan dari sebuah domain, ini biasanya digunakan jika kita ingin mengklasifikasikan sebuah website. Contohnya misalkan domain utama nya : menelusuri.com , jika kami ingin mengklasifikasikan berdasarkan provinsi dan kami ingin membuat blog khusus provinsi banten, maka kami bisa membuat subdomain : banten.menelusuri.com

 

Membuat dan Setting Costum Subdomain di Blogger

Nah, jika kalian sudah mengerti apa dan fungsi subdomain itu dan kalian ingin membuat subdomain, tentunya kalian sudah memiliki domain utama yang aktif dong, dan kalian ingin mengklasifikasikannya dong.


Nah jika domain utama kalian yang sudah aktif tersebut berada di blogger dan sudah dipasang costum domain dan DNS di penyedia domain juga telah disetting, maka langkah selanjutnya adalah

  • Membuat dan Mengatur Cname Subdomain
    Silahkan login ke website penyedia layanan domain kalian, lalu pergi ke “Kelola Domain” , lalu pilih “DNS Management”, nah setiap website penyedia layanan pasti memiliki tampilan yang berbeda, sehingga sulit untuk di gambarkan, intinya kalian pergi ke“DNS Management”.

    Jika sudah menemukan DNS management, kalian buatlah cname baru, dengan cara klik tombol “addrecord” lalu pada pilihan recordtype, pilihlah record “CNAME” , lalu pada “subdomain” itu diisi dengan nama subdomain yg kalian inginkan, misal disini kami ingin membuat subdomain : banten.menelusuri.com , maka pada “subdomain” ini diisi saja dengan “banten”, jangan ditambahkan menelusuri.com nya, karena sudah otomatis berada disebelahnya.

    Nah selanjutnya pada hostname diisi dengan : ghs.google.com. nah untuk“ttl” biarkan saja defaultnya, lalu simpan record DNS nya.

  • Memasang subdomainnya di blogger
    Langkah selanjutnya adalah silahkan buka blog kalian yang ingin di costum subdomain, lalu pergi ke pengaturan, lalu cari judul “mempublikasikan”, lalu klik pada “domain costum” lalu masukan subdomain kalian dengan lengkap, misalnya banten.menelusuri.com. Jika sudah maka silahkan kalian save, lalu tunggu beberapa menit untuk konsolidasi DNS.

    Jika kiranya sudah menunggu 5-10 menit, maka kalian bisa check blog kalian dengan subdomain baru tersebut.

Begitulah sedikit menelusuri kamktentang membuat dan settingsubdomaindi blogger. Semoga bermanfaat .

Post a Comment for "Menelusuri Cara Membuat dan Setting Custom Subdomain di Blogger Terbaru"