Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menelusuri Apa itu Upacara Melasti - Upacara Umat Hindu Bali

Upacara Melasti adalah upacara pengambilan tirta suci di tengah samudera atau sumber mata air yang dilakukan 1 tahun sekali dan merupakan rangkaian acara dari Hari raya Nyepi. Upacara ini dimaknai sebagai pembersihan alam semesta termasuk bumi pertiwi dan seisinya.


Photo ilustrasi by instagram.com/asya.sapheera/

Melasti atau melelasti atau nganyudang malaning gumi ngamet Tirta Amerta yaitu pembersihan dengan menghanyutkan kekotoran alam menggunakan air kehidupan, segara (laut) dianggap sebagai sumber Tirtha Amertha (Dewa Ruci, Pemuteran Mandaragiri).


Segala sarana persembahyangan yang terdapat di Pura (tempat suci) diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau merupakan sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam.

 

Namun seiring dengan perkembangan jaman dan kearifan akal budi manusia untuk melakukan modifikasi dengan membuatkan 'Jempana' yang artinya sebuah tempat yang kemudian diberi roda agar mudah diarak menuju laut. 


Setelah pretima disucikan, lalu kemudian disemayamkan di Pura Desa hingga sehari setelah hari raya Nyepi berlalu dan kemudian berbagai pretima ini kembali ditempatkan pada masing-masing pura dan selambat-lambatnya pada tilem sore pelelastian harus sudah selesai secara keseluruhan dan pratima yang disucikan sudah harus berada di bale agung.

Post a Comment for "Menelusuri Apa itu Upacara Melasti - Upacara Umat Hindu Bali"