Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari 8 kebiasaan ini Agar Hp tidak Cepat Rusak

Di era serba digital saat ini, Handphone telah menjadi bagian dalam hidup kita, telah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan, bahkan ada orang yang setiap saat selalu menggunakan handphone.

photo by youtube Panduanhp

Handphone telah menjadi alat yang sangat berguna dalam keseharian kita, bisnis dapat berjalan hanya menggunakan handphone, sehingga membuat kita tidak bisa lepas dari kecanggihan handphone yang bisa menopang setiap kegiatan dan aktivitas kita.

Karena hal diatas lah sehingga banyak kebiasaan yang membuat HP kita cepat rusak, dan yang pastinya kerusakan terjadi pada HP kita adalah buah dari kecerobohan kita, keteledoran kita, sehingga kita harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk servis atau membeli HP baru.

Terkadang harga untuk biaya servis HP sangat mahal bahkan harganya bisa seperti harga HP baru, sehingga kita lebih memilih membeli HP baru dari pada servis hp lama kita.

nah untuk menghindari agar HP tidak cepat rusak, alangkah baiknya kita menghindari kebiasaan berikut ini :

1. Memakai charger yang tidak sesuai 

Setiap merek HP tentu memiliki desain baterai dan sistem pengisian daya yang berbeda-beda, nah jika kita tidak memakai charger merek HP kita tentu kemampuan baterai HP bisa cepat rusak.

Ketika kita menggunakan charger yang bukan merek HP kita itu membuat pengisian daya lebih cepat atau bisa lebih lama. Selain itu ada juga yang membuat HP akan terasa cepat panas. Tentu hal inilah salah satu penyebab hp cepat rusak.

2. Charger HP sambil bermain Game

Kebiasan ini tentu sangat berpengaruh membuat HP rusak, karena ketika kita mengisi daya sambil bermain game, HP perlu bekerja secara ekstra sehingga suhunya akan cepat panas.

3. Asal Download Aplikasi 

Ketika kalian ingin mendownload aplikasi, baiknya kalian mendownload aplikasi dari aplikasi resmi seperti Google Play Store dan App Store, karena aplikasi yang sudah masuk Google Play Store dan App Store merupakan aplikasi yang telah dilakukan scanning, sehingga terhindar dari malware yang berbahaya.

Jika kalian download aplikasi bukan dari aplikasi resminya tentu bisa membuat HP kalian rusak karena si pemberi aplikasi bisa saja memasukan malware atau virus yang berbahaya sehingga bisa saja mengambil data kita atau membuat HP kita cepat panas karena aplikasi tersebut terus berjalan di balik sistem operasi HP, sehingga membuat kinerja HP kita menjadi lemot.

4. Melakukan Rooting HP

Melakukan rooting sama saja dengan membobol sistem operasi agar dapat mengakses HP secara penuh sehingga bisa mengoperasikan HP sesuai keinginan kita secara maksimal, seperti menguninstal aplikasi bawaan yang tidak berguna dan lain-lain.

Walaupun begitu, rooting tidak selamanya aman, karena ketika kita salah sedikit dalam menguninstal aplikasi atau melakukan hal lainnya, bisa membuat masalah besar terjadi pada HP kita, belum lagi permasalahan sistem keamanan yang sangat serius jika kita melakukan Rooting Hp, maka sebaiknya hindarilah untuk melakukan rooting pada HP kita.

5.  Membiarkan Suhu HP terlalu Panas

Sama halnya dengan bermain game atau menggunakan HP sambil melakukan pengisian daya, Menaruh hp dengan sembarangan juga bisa membuat HP cepat panas, salah satunya yaitu menaruh HP di dashboard mobil dan di tempat lainnya yang memiliki suhu panas, hal itu tentu bisa membuat HP kita overheat, karena suhu panas mesin atau cahaya dari sinar matahari langsung.

6. Membiarkan Memori HP Penuh

Walaupun memori internal HP kita sudah besar, misalnya berukuran 32 GB, tentu tidak membuat HP kita terhindar dari memori penuh. Ketika memori HP kita penuh, kita harus melakukan back-up, seperti memindahkannya ke laptop atau membeli memori miscoSD guna memindahkan file dari HP kita, atau kita bisa menghapus file yang tidak digunakan lagi.

7. Aplikasi dan game yang terlalu berat

Walaupun spesifikasi HP kita sudah tinggi, tentu menginstal aplikasi atau game dengan grafik tinggi dan ukuran besar membuat HP kita cepat panas, apalagi jika spesifikasi HP kita bisa dibilang standar atau kentang, tentu hal ini tidak sesuai dengan kondisi HP kita sehingga jika kita memaksakannya akan membuat HP cepat rusak.

8. Sering Terkena air

Terkadang ketika kita sedang minum atau sehabis dari kamar mandi, tanpa sadar kita telah membuat HP kita sedikit basah, entah ketika tangan kita masih basah, kita langsung memegang HP atau terkena tetesan air minum. Ketika kita sering lalai, maka air tersebut bisa saja masuk ke dalam mainboard HP kita, seperti melalui lubang speaker, lubang charger dan lubang microfon atau lubang lainnya. Tentu hal ini dapat cepat merusak HP kita karena listrik di dalam HP menjadi korsleting dan membuat Handphone akan mati.

Nah demikianlah tips menghindari kebiasaan yang membuat HP cepat rusak, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Hindari 8 kebiasaan ini Agar Hp tidak Cepat Rusak"