Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan File PDF ke Artikel Blogger

Bagi Blogger pemula pasti akan sedikit kebingungan jika kita ingin melakukan sesuatu yang baru pertama dikerjakan. Sama seperti halnya saya ketika ingin menampilkan file PDF ke Blogger, pasti saya browsing-browsing dulu dong untuk mengetahui caranya.

 

tutorial menampilkan file pdf ke artikel blogger

 

Nah karena disini saya sudah mengetahui caranya berkat browsing-browsing, maka disini akan saya sampaikan cara nya sesuai yang saya ketahui untuk menjadi referensi kalian .


Berikut ini langkah-langkah atau cara untuk menampilkan file PDF ke artikel Blogger : 

  • Buka browser chrome, lalu ketikan google.com sehingga tampil profil email di pojok kanan atas, jika tidak tampil profil emailnya, silahkan login google terlebih dahulu, setelah itu klik menu tepat di sebelah kiri profil email kalian lalu klik pada google drive seperti gambar dibawah ini :

tutorial Menampilkan File PDF ke Artikel Blogger

 

  • Setelah itu pada pilihan menu sebelah kiri layar, klik “+baru” lalu pilih “upload file”
  • Setelah itu kita akan diarahkan untuk mencari file PDF nya, lalu carilah dan klik 2x atau lalu klik open, maka akan otomatis mengupload file PDF nya.
  • Jika file sudah terupload, klik kanan pada file PDF nya, lalu klik bagikan. Setelah tampilan selanjutnya muncul, pada bagian bawah klik pada “ubah ke siapa saja yang memiliki link” lalu klik “selesai” seperti gambar dibawah ini :

 


  • Jika sudah, langkah selanjutnya yaitu klik kanan lagi pada file PDF nya lalu pilih “pratinjau”, maka data file PDF akan ditampilkan.
  • Setelah itu klik menu “titik 3” pada kanan atas layar lalu pilih “buka di jendela baru” lalu klik lagi pada menu “titik3” nya dan pilih “sematkan item”. Setelah itu akan tampil kode HTML untuk digunakan di artikel blogger agar bisa menampilkan data file PDF.

 

tutorial Menampilkan File PDF ke Artikel Blogger

 
  • Copy kode HTML tersebut, lalu buatlah artikel baru atau edit artikel yang ingin ditampilkan file PDF nya, lalu pada bagian kiri layar pilihlah “tampilkan HTML”, begitu dokumen tempat menulis kode HTML tampil, pastekan kode HTML tadi, lalu klik “pratinjau” dan jika sudah sesuai bisa langsung klik “publikasikan”.

 

tutorial Menampilkan File PDF ke Artikel Blogger

Demikianlah tutorial cara menampilkan file PDF di artikel blogger, semoga bisa menjadi referensi kita dan bermanfaat bagi kita semua . 

 

Jika dirasa tulisan diatas kurang lengkap, bisa menonton juga video youtubenya dibawah ini :

Post a Comment for "Cara Menampilkan File PDF ke Artikel Blogger"