Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas Phishing ! 4 Cara agar Rekening Bank Tidak Gampang Dibobol

Menelusuri.com - Sebelum kepembahasan, perlu kita ketahui apa itu Phishing ? Phishing memiliki arti yaitu memancing, Phising bertujuan untuk memancing orang agar memberikan informasinya melalui tautan-tautan yang telah disediakannya.

Awas Phishing
Photo By Bca.co.id

Jadi phishing merupakan serangan atau pancingan yang dilakukan penipu agar korban mengklik tautan dan menginputkan informasi yang berupa : 

  • Data Pribadi seperti nama, alamat, usia, dan lainnya seperti di KTP.
  • Data Akun seperti username dan password.
  • Data Keuangan seperti data kartu kredit dan data rekening bank.

Untuk melakukan Phishing, para penipu biasanya melakukannya dengan cara berikut ini :

  • Menggunakan email palsu yang mengatasnamakan bank.
  • Menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, telegram dan lain-lain.
  • Melalui sms dan telephone.

Dalam melakukan kejahatannya, penipu biasanya merayu atau mengancam korbannya, lalu meminta korbannya untuk mengambil keputusan dengan cepat dengan bermacam-macam alasan.

Nah untuk itu, kita perlu menghindarinya dengan melakukan cara berikut ini agar rekening tidak dapat dibobol penjahat atau penipu lewat phishing :

1. Jangan mengikuti Perintah Email / Pesan Text yang mencurigakan

Jika ada pesan email atau pesan text dari aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram dan lain-lain yang mencurigakan yang bersifat merayu seperti dapat undian atau hadiah yang memberikan link tautan maka abaikan email tersebut. Intinya jangan terburu-buru dan penasaran untuk mengklik tautan tersebut dengan iming-iming hadiah, alangkah baiknya sebelum mengklik tautan tersebut lebih baik di telusuri terlebih dahulu informasi tersebut.

2. Hati-hati ketika menerima telpon tidak dikenal 

Jika ada panggilan telpon dari nomor asing dan anda ingin menjawab panggilan telpon tersebut baiknya dengarkan dahulu apa keperluannya, jika terdapat unsur-unsur yang menyangkut data privasi dan meminta uang sebaiknya abaikan saja. 

3. Jangan Transaksi Keuangan pakai Wi-Fi publik

Wi-Fi publik adalah wifi yang bisa digunakan oleh siapapun, tentu kita tidak tahu bagaimana dengan tingkat keamanannya dan bisa saja pengguna di Wi-Fi tersebut sedang dipantau oleh pelaku kejahatan untuk mencari titik lengah kita.

4. Mengganti PIN atau password Secara Berkala

Mengganti nomor PIN pada ATM dan mengganti Password banking secara berkala merupakan cara agar rekening bank tidak mudah di bobol serta jangan menggunakan nomor PIN dari kombinasi tanggal lahir.

Walaupun cara ini sangat sulit, karena kita harus mengingat password terbaru kita, tapi tingkat keamanan rekening sangat tinggi.

Nah, jika tidak sengaja mengklik tautan phishing tersebut, maka langkah selanjutnya adalah langsung mengganti PIN atm anda dan merubah Password Banking anda. jika dirasa cara ini kurang aman, segeralah untuk menghubungi pihak Bank untuk melakukan pemblokiran rekening anda.

Demikianlah cara agar rekening bank tidak gampang di bobol, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Awas Phishing ! 4 Cara agar Rekening Bank Tidak Gampang Dibobol"