Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Tradisi Ngembak Geni - Budaya Hindu Bali

Menelusuri.com - Ngembak Geni berasal dari kata "Ngembak" yang artinya "bebas" dan "Geni" yang artinya "api", jadi Ngembak Geni bila digabung bermakna bebas menyalakan api, jika dalam pengertian luasnya berarti terbebas dan dapat kembali beraktifitas.

Gambar ilustrasi by instagram.com/alam_anda

Ngembak Geni merupakan prosesi atau ritual penutup dari rangkaian perayaan Tahun Baru Saka. Ngembak Geni dilaksanakan tepat sehari setelah Hari Raya Nyepi. 

Pada hari pelaksanaan Ngembak Geni, seluruh umat Hindu di Bali melakukan sembahyang serta memanjatan doa kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) dengan memohon agar pada tahun baru Saca ini diberikan kemudahan, kebaikan dan kembali menjadi manusia baru lagi yang bersih juga suci dari segala dosa dosa dimasa lalu.

Dalam pelaksanaan ngembak geni juga dilakukan prosesi dharma santi yaitu bersilaturahmi dilingkungan teman, keluarga atau masyarakat, dengan saling memaafkan satu sama lain dan dengan memegang prinsip Tattwam Asi yaitu 'aku adalah kamu dan kamu adalah aku' yang memiliki arti yaitu posisi kita sama dihadapan Tuhan, walaupun kita berbeda agama atau keyakinan hendaknya kita hidup rukun dan damai selalu. 

Dengan suasana baru ini, maka kehidupan baru akan dimulai dengan hati putih bersih. Lalu setelah itu seluruh aktifitas baik pekerjaan dan lain-lain boleh dilakukan lagi.

Post a Comment for "Apa itu Tradisi Ngembak Geni - Budaya Hindu Bali"