Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Festival Golok Day Cilegon Banten

Festival Golok Day adalah Festival budaya tahunan masyarakat banten untuk memperkenalkan senjata tradisional khas Kota Cilegon dan sebagai wujud pelestarian kebudayaan Kota Cilegon. Festival ini diselenggarakan setiap tahunnya ketika memperingati ulang tahun Kota Cilegon.


Banten yang sejak dahulu terkenal dengan jawaranya dan pencak silatnya tentu menjadikan Festival Galok day ini menjadi acara tradisional yang sangat bergengsi dan menambah terkenalnya golok khas Banten ini.

Golok yang ada di banten ini, secara kultur dan warisan dari leluhur ini terdiri dari Golok ciomas, golok sulangkar, golok cilangkahan dan golok temu giring ( sekarang golok ciwandan). Golok Sulangkar merupakan peninggalan suku adat Baduy, Golok sulangkar dan golok ciomas memiliki penampilan seperti besi karatan. Golok Cidawan merupakan golok khas kota Cilegon.

Prestasi dari Festifal Golok Day ini adalah berhasilnya memecahkan rekor MURI dengan 1.100 pendekar membawa golok dalam gelaran pameran budaya ini yang di gelar di Kantor Wali Kota Cilegon pada tahun 2016.

Post a Comment for "Festival Golok Day Cilegon Banten"