Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang Pesantren Salafiyah / Pesantren Salaf

Pesantren salafiyah atau pesantren salaf merupakan pondok pesantren tradisional yang umumnya dikelola oleh para Kyai langsung, untuk pengajarnya pun biasanya kyai tersebut atau keluarganya atau para orang terdekatnya yang dipercayainya dan telah memiliki ilmu yang mumpuni sehingga hubungan kyai dan juga guru-guru di pesantren salafiyah ini cukup dekat secara emosional dan mungkin juga secara spiritual.


Pesantren Salafiyah umumnya identik dengan kitab kuning, atau kitab gundul, atau kitab kuna yaitu kitab yang tidak ada jabar jer, jadi tidak ada harakat ataupun maknanya, sehingga para santri harus belajar cara membaca dan memaknainya.

Nah inilah keistimewaan pesantren salafiyah, seorang murid harus mulai dari awal untuk mempelajari ilmu kitab-kitab rumus dan kitab tata bahasa seperti nahwu, sorof, bahar, nadom, mantiq dan lain-lain sehingga santri tersebut bisa membaca, memaknai dan mengerti kitab kuning dengan sangat matang.

kitab Kuning yang diajarkan di pesantren salafiyah ini mencakup beberapa disiplin ilmu yang diantaranya yaitu Tauhid, Fiqh, Aqidah, Akhlak (tassawuf), hadist, tafsir, muamalah bahkan ilmu siyasah (politik).

Setiap Pesantren salaf yang ada di daerah banten biasanya memiliki karakteristik masing-masing yaitu ada yang lebih menonjolkan ilmu fiqh, ada yang menonjolkan ilmu tafsir, ada yang menonjolkan ilmu tasawwuf dan lain-lain.

Meski setiap disiplin ilmu dipelajari disini namun sistem belajarnya pun terbagi yang diantaranya adalah Balagan, Sorogan, Bandungan, wetonan, pasaran dan lain-lain.

Post a Comment for "Tentang Pesantren Salafiyah / Pesantren Salaf"