Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Masakan Tradisional Rabeg Khas Banten

Rabeg merupakan masakan tradisional khas banten, Rabeg yang berbahan dasar daging kambing ini memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat serta lumayan pedas, tentu sangat cocok bagi yang suka makanan pedas dan sangat nikmat untuk disantap sehingga sangat cocok bagi para pecinta kuliner.


Asal muasal masakan tradisional serang banten ini konon ceritanya ketika sultan banten saat itu yaitu Sultan Maulana Hasanuddin ketika pergi naik haji, beliau terkesima dengan keindahan kota pelabuhan pertama yang disinggahinya di tepi laut merah. Kota indah itu bernama kota Rabiq dan tidak hanya terkesima oleh indahnya kota Rabiq tapi beliau juga terkesan dengan sajian kuliner yang beliau cicipi disana dan ketika itu beliau menyantap menu hidangan daging kambing.

Singkat cerita, ketika sepulangnya beliau dari tanah suci, ternyata beliau masih terkesan dengan masakan tradisional kota Rabiq itu dan beliau memerintahkan juru masak istana untuk membuat resep masakan dari daging kambing seperti yang beliau cicipi di kota Rabiq. Dan ternyata beliau menyukai hidangan daging kambing yang dibuat oleh juru masak istana dan masakan daging kambing itu pun diberi nama Rabeg.


Sejak saat itu, Hidangan khas Timur Tengah itupun menjadi hidangan wajib dihadirkan dihadapan penghuni istana secara turun-temurun. Dan sampai saat ini, masakan tradisional Rabeg masih menjadi hidangan yang sangat populer di wilayah Banten sehingga banyak pengusaha kuliner didaerah banten pun yang melirik masakan tradisional ini dan menjadikannya sebagai menu andalan mereka.

Demikian informasi dari menelusuri.com tentang Sejarah Masakan Tradisional Rabeg Khas Banten, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Sejarah Masakan Tradisional Rabeg Khas Banten"