Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Provinsi Banten

Menelusuri.com-Banten adalah salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi yang dahulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat ini telah dipisahkan sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000 dan Pusat pemerintahan Banten berada di Kota Serang.


Secara Geografis Wilayah Banten terletak di antara 5º7'50"-7º1'11" Lintang Selatan dan 105º1'11"-106º7'12" Bujur Timur berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.160,70 km². Provinsi Banten saat ini terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa, yang sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kebijakan pemerintah pusat provinsi Banten.

Berikut Ini daftar Kota yang Ada di Provinsi Banten :
  1. Kota Cilegon 
  2. Kota Serang 
  3. Kota Tangerang 
  4. Kota Tangerang Selatan 
Berikut Ini daftar Kabupaten yang Ada di Provinsi Banten :
  1. Kabupaten Lebak, Pusat Pemerintahan atau Ibu Kotanya Rangkasbitung, 
  2. Kabupaten Pandeglang, Pusat Pemerintahan atau Ibu Kotanya Pandeglang, 
  3. Kabupaten Serang, Pusat Pemerintahan atau Ibu Kotanya Ciruas, 
  4. Kabupaten Tangerang, Pusat Pemerintahan atau Ibu Kotanya Tigaraksa. 
Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial dengan Selat Sundanya yang merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru atau kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura. Banten juga merupakan jalur penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

Jika dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan maka wilayah Banten terutama daerah Tangerang raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta karena secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung ketika kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Post a Comment for "Provinsi Banten"